Who is Rie Fu?

Nama: Funakoshi Rie
Tempat/tgl lahir: Tokyo, Japan/11 January, 1985
Genre: J-pop, Pop, Folk Rock, Folk pop, J-rock, Soft Rock
Aktif: 2004 - sekarang
Label: Sony Japan's Palm Beach Records sub-label

Links: Rie fu Official Web Site, Gallery, Rie fu Blog, Lyrics


Suara merdunya sudah sering kita dengar di radio-radio. Dua single-nya yang paling banyak di-request adalah Life is Like a Boat dan I Wanna Go To a Place, yang keduanya menjadi soundtrack anime populer (Bleach dan Gundam Seed Destiny). Sejak mendengarkan dua lagu itu pun saya jadi jatuh cinta sama suaranya.

Setelah saya punya beberapa lagunya dari album pertama sampai album terbarunya, saya menjadikannya salah satu penyanyi favorit :) Suaranya lembut dan merdu banget, apalagi dia jago main piano dan gitar, bikin saya makin kagum.

Rie Fu memulai karirnya dengan mengirim demo lagu yang direkamnya dengan tape recorder kecil. Lagu itu dibawakan dengan gitar yang dimainkannya sendiri, bahkan saat itu dia baru mulai belajar bermain gitar (2002). Dia mengirim demo lagu itu ke sebuah sebuah label rekaman (Sony), dan mereka menerimanya. Rie kemudian merilis album debut berjudul Rie Who!? pada Maret 2004.

Lagu-lagu Rie Fu dominan dengan dua bahasa, Jepang dan Inggris. Hanya beberapa lagu yang murni berbahasa Jepang, misalnya Negaigoto dan Anata ga Koko ni Iru Ryuu. Hal ini dikarenakan Rie Fu memang menguasai kedua bahasa tersebut dengan baik.

Sejak berusia 7 tahun, Rie tinggal bersama keluarganya di Maryland, Amerika Serikat. Dia kembali ke Jepang pada 1995 untuk menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama di Tokyo. Di SMU, Rie mulai belajar bermain gitar dan piano, tentunya sebaik dirinya membuat lagu.

Rie lulus dari Central Saint Martins, University of the Arts London pada 18 July 2007, jurusan yang dipilihnya adalah seni lukis. Sebelumnya, dia memilih desain grafis, namun ketertarikannya beralih pada seni lukis. Dalam website-nya Rie bilang, dia senang menjadi pelajar lagi.

Rie Fu bolak-balik Jepang-Inggris untuk merilis dan mempromosikan lagu-lagunya. Dia menerima tawaran dari label rekaman lokal (Pinnacle Entertainment) untuk merilis sebuah album yang berjudul Who is Rie Fu? pada 3 Maret 2008. Album tersebut awalnya dirilis di Inggris, dan akan diikuti dengan perilisan di negara-negara Eropa lainnya. Hal itu pun akan menandai debutnya di Eropa.

Dengan bakat menyanyi, menulis lagu, serta bermain alat musik yang begitu besar yang dimilikinya, saya yakin Rie Fu bisa go international seperti Hikaru Utada atau penyanyi lainnya. Rie punya suara yang menurut saya disukai semua orang. Lagu-lagunya pasti akan diterima oleh para pecinta musik di dunia. Saa.. ganbatte ne, Rie-san! ^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

anime japan lover mengatakan...

gud job

mii mengatakan...

sankyuu ya udah mampir :D

Posting Komentar